Tradisi Belanja Terbesar Tahun Ini: Ramadan Ekstra Tokopedia Dimulai

Press Conference Semarak Ramadan Ekstra 2019. (Istimewa)
07 Mei 2019 14:45 WIB Ginanjar Saputra Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO — Tokopedia, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, secara resmi mengumumkan dibukanya tradisi belanja terbesar Tokopedia di tahun 2019, Ramadan Ekstra, Senin (6/5/2019). Melanjutkan kesuksesan Ramadan Ekstra di tahun lalu, Ramadan Ekstra tahun ini akan menghadirkan tradisi belanja terbesar dengan jangkauan terluas, jaringan penjual terbesar dan pengguna terbanyak.

Rangkaian Ramadan Ekstra di tahun ini akan mulai digelar dari 6 Mei 2019 sampai dengan puncak perayaan Ramadan Ekstra pada 17 Mei 2019. Sebelum puncak perayaan, masyarakat juga bisa merasakan pengalaman berbelanja interaktif bertajuk Semarak Ramadan Ekstra yang disiarkan langsung di empat stasiun televisi pada 16 Mei 2019.

Mulai dari Ramadan Ekstra di tahun lalu, Tokopedia sudah mulai memperkenalkan pendekatan yang mengintegrasikan teknologi mobile, interaksi langsung secara offline dan online, serta tayangan hiburan sebagai puncaknya di berbagai platform, sebagai upaya untuk memperkaya pengalaman para pengguna dalam menemukan semua hal yang mereka cari.

Dengan diperkenalkannya Tokopedia ByMe—fitur terbaru yang memungkinkan siapapun memberikan dan mendapatkan rekomendasi produk favorit—belum lama ini, para Tokopedia ByMe Influencer yang berasal dari kalangan artis dan social media influencer juga akan turut berpartisipasi dan meramaikan tradisi belanja terbesar Tokopedia ini.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menjelaskan Tokopedia memasuki usia yang ke-10 tahun pada tahun ini dan Ramadan Ekstra kali ini merupakan gelaran kedua dan telah menjadi tradisi belanja terbesar bagi Tokopedia.

"Animo masyarakat yang sangat besar di ajang Ramadan Ekstra tahun lalu, memacu kami sebagai perusahaan teknologi, untuk terus memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat, khususnya pengguna Tokopedia, dalam mempersiapkan dan berbelanja kebutuhan Ramadan mereka," ujar Nuraini seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Solopos.com, Senin (6/5/2019).

Ramadan Ekstra 2019 yang diselenggarakan Tokopedia akan menghadirkan sederet nilai tambah kepada masyarakat Indonesia, khususnya pengguna. Berikut keuntungan dari Ramadan Ekstra 2019 yang bisa didapatkan para pengguna Tokopedia.

Gratis Ongkos Kirim
Ada gratis ongkos kirim sepuasnya bagi seluruh masyarakat Indonesia yang bertransaksi melalui platform Tokopedia dari 6-17 Mei 2019. Khusus di 17 Mei 2019, gratis ongkos kirim bisa didapatkan tanpa minimum transaksi.

Nuraini Razak berharap masyarakat Indonesia bisa lebih efisien dalam memenuhi kebutuhannya di Ramadan 2019 dengan adanya gratis ongkir. "Mereka yang tidak bisa pulang ke kampung halamannya juga bisa tetap berbagi kepada kerabat, misal dengan mengirimkan hadiah, tanpa memikirkan ongkos kirim," lanjut VP of Corporate Communications Tokopedia tersebut.

Kupon THR atau Tokopedia Hadiah Ramadan
Untuk menyambut Ramadan Ekstra, Tokopedia menghadirkan Kupon THR (Tokopedia Hadiah Ramadan) berupa cashback hingga jutaan rupiah bagi pengguna yang mengajak rekan atau kerabatnya untuk juga ikut berpartisipasi dalam tradisi belanja terbesar tahun ini, Ramadan Ekstra.

Besaran cashback tergantung kepada seberapa banyak rekan atau kerabat yang berhasil diajak berpartisipasi dalam Ramadan Ekstra dan status keanggotaan pengguna. "Hal ini memungkinkan masyarakat Indonesia berbagi kebahagiaan, sesuai dengan semangat yang diusung dalam tradisi tahunan ini, sekaligus mendapatkan lebih," terang Nuraini.

Cashback ini hanya bisa dimanfaatkan oleh pengguna di puncak Ramadan Ekstra pada tanggal 17 Mei 2019.

Paket Umrah Gratis
Tokopedia juga akan membagikan sejumlah paket umrah gratis kepada pengguna yang beruntung. Para pengguna Tokopedia berkesempatan untuk memenangkan paket umrah gratis melalui berbagai cara dalam rangka Ramadan Ekstra, yaitu;

Undian Mingguan: Selama periode 6-31 Mei 2019, pengguna bisa mendapatkan kupon undian paket umrah gratis dengan (1) pecahkan telur setiap pukul 12.00 WIB-13.00 WIB dan 17.00 WIB-18.00 WIB atau (2) menukarkan Tokopoints. Setiap minggunya, akan ada dua pemenang beruntung yang mendapatkan paket umrah gratis dari undian ini.

Undian 16-17 Mei 2019: Pada periode ini, Tokopedia akan membagikan lebih banyak paket umrah gratis. Selain pecahkan telur setiap pukul 12.00 WIB-13.00 WIB dan 17.00 WIB-18.00 WIB, pengguna bisa mendapatkan kupon undian paket umrah gratis melalui acara pengalaman berbelanja interaktif yang disiarkan langsung di empat stasiun televisi, bertajuk Semarak Ramadan Ekstra, pada 16 Mei 2019 pukul 20.00 WIB, atau dengan bertransaksi di Tokopedia pada puncak Ramadan Ekstra pada 17 Mei 2019.

Top Donasi 500
Selama Ramadan, fitur TopDonasi—yang memungkinkan masyarakat berdonasi setiap bertransaksi—yang sebelumnya bernilai sebesar Rp200, akan dinaikkan menjadi Rp500. Hal itu sebagai upaya mendorong masyarakat dan pengguna Tokopedia dalam berbagi kebaikan lebih pada Ramadan 2019 ini.

Dana yang terkumpul dari Top Donasi 500 akan disalurkan kepada anak-anak putus sekolah naungan Nara Kreatif. Pada Ramadan Ekstra tahun sebelumnya, Tokopedia mencatat nilai penjualan yang luar biasa berkat tingginya antusiasme masyarakat.

Selama Mei 2018, Tokopedia dikunjungi oleh 73 juta masyarakat Indonesia, dimana jumlah ini setara dengan 13 kali jumlah penduduk negara Singapura. Transaksi yang terjadi pada satu hari saat puncak Ramadan Ekstra di 25 Mei 2018 setara dengan jumlah transaksi Tokopedia selama lima tahun pertamanya. Tercatat pula produk terlaris selama periode Ramadan Ekstra tahun lalu adalah baju koko, baju gamis, dan kurma.