Kini, Beli Tiket Pesawat di Tokopedia Bisa Refund Cepat

Tokopedia. (Tokopedia.com)
27 Maret 2019 19:40 WIB Ginanjar Saputra Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, JAKARTA — Mulai Senin (25/3/2019), perusahaan teknologi Tokopedia menghadirkan inovasi dalam penawaran produknya yang memudahkan hidup masyarakat, yaitu fitur fast refund. Fitur fast refund tiket perjalanan ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Pembeli bisa mengajukan sekaligus menerima pengembalian dana dalam jangka waktu maksimal 1x24 jam terhitung sejak pengajuan pembatalan. Saat ini, fitur fast refund berlaku untuk seluruh penerbangan domestik di Tokopedia.

Fitur ini telah tersedia melalui website dan aplikasi Tokopedia di platform Android, dan akan tersedia dalam waktu dekat untuk aplikasi Tokopedia di platform iOS. Menurut data internal Tokopedia, animo masyarakat terhadap penjualan tiket pesawat di Tokopedia semakin meningkat.

Hal tersebut terlihat dari peningkatan penjualan sebesar 60 kali lipat sejak pertama diluncurkan di tahun 2018. Selain itu, tiket pesawat sebagai moda transportasi umum memiliki dua peak season di Tokopedia, yaitu saat Ramadan menjelang Lebaran dan libur akhir tahun sehingga Tokopedia memanfaatkan momentum menjelang Ramadan kali ini untuk meningkatkan pelayanan tiket pesawat.

AVP of Product-Digital Tokopedia, Devy Pranowo, mengungkapkan Tokopedia terus berinovasi dalam menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi tiket perjalanan. "Dengan adanya fitur fast refund, kami berharap dapat meningkatkan kepercayaan para pelanggan untuk membeli tiket pesawat di Tokopedia melalui jaminan uang kembali dengan cepat dan aman," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Solopos.com.

Proses pengembalian dana akan membutuhkan waktu lebih lama apabila penumpang mengalami musibah atau mengalami kendala teknis, seperti penumpang sakit atau meninggal dunia, dan perubahan jadwal dari maskapai. Bila hal ini terjadi, proses refund membutuhkan waktu lebih lama hingga maksimal 30 hari kerja. Tokopedia juga terus berusaha memenuhi kebutuhan pembeli dengan menambah pilihan maskapai bertarif rendah untuk rute domestik dan internasional.

Belum lama ini, pada November 2018, Tokopedia melengkapi fitur pemesanan tiket pesawat dengan menyediakan seluruh destinasi di seluruh dunia dengan beragam pilihan maskapai. Destinasi terpopuler untuk keberangkatan domestik saat ini adalah Surabaya, Medan, Jogja dan Bali, sedangkan untuk rute internasional adalah Kuala Lumpur, Singapura, dan Thailand.