Menikah di Hotel Bisa Dicicil, Begini Syaratnya...

Ilustrasi pelayanan hotel. (parksleepfly.com)
13 Maret 2019 09:15 WIB Farida Trisnaningtyas Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO—Sejumlah hotel di Soloraya kian serius menggarap paket pernikahan. Persaingan ketat untuk merebut pasar wedding ini membuat hotel berlomba-lomba untuk menawarkan paket menarik.

Tak hanya mengepankan venue, tapi juga harga yang makin terjangkau customer. Selain itu, hotel-hotel juga menyediakan paket komplet yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan pelanggan.

The Alana Hotel and Convention Center Solo misalnya, menawarkan paket pernikahan dengan biaya pernikahan dengan cicilan 0%. Asisten Public Relation Manager, Angela Stevanie, mengatakan hotelnya menjadi yang pertama meluncurkan paket pernikahan dengan cicilan 0%. Menurutnya, ini menjadi solusi bagi customer yang menginginkan pernikahan impian, tapi dengan finansial yang tidak memberatkan.

“Kami bekerja sama dengan perbankan dan BUMN. Bahkan, bagi pasangan yang sudah menikah diberikan kesempatan bulan madu kedua dengan hadiah undian naik kapal pesiar,” ungkapnya, kepada Espos, Selasa (11/3/2019).

Lebih lanjut Angela memaparkan pembayaran cicilan 0% ini diberlakukan untuk memudahkan pasangan yang hendak menggelar pernikahan di The Alana Hotel and Convention Center Solo. Cicilan ini dengan tenor 3 bulan hingga 12 bulan. Menurutnya, cicilan pembayaran pernikahan 0% ini melalui kartu kredit.

Dalam hal ini pasangan yang bisa mengakses paket tersebut harus memiliki kartu kredit. Jika mereka belum punya, maka pihaknya siap membantu proses pengajuan. Di sisi lain, mereka yang punya, tetap limit tidak mencukupi dana yang diinginkan maka pihaknya membantu menaikkan limit tersebut.

“Pada program ini kami bekerja sama dengan perbankan swasta dan BUMN,” imbuhnya.

Di samping itu, paket ini didukung dengan dua venue andalan yang bisa digunakan klien untuk menggelar upacara pernikahan, yakni ballroom dengan kapasitas 1.000 pax dan semi outdoor Aquamarine pool yang bisa memuat 300 undangan. Sedangkan untuk harga paket mulai dari Rp32 juta.

Lorin Solo Hotel pun menawarkan outdoor wedding sebagai andalan. Hal ini tak terlepas adanya outdoor venue yang menjadi keunggulan hotel bintang lima tersebut. Public Relation Manager Lorin Solo Hotel, Dhani Wulandari, mengatakan hotelnya memiliki Central Garden, Cactus, dan Kampoeng Ikan, yang biasa digunakan untukmenggelar pernikahan.

“Pernikahan di Lorin Solo Hotel ini memberikan pengalaman tersendiri dengan outdoor venue sebagai andalan,” paparnya.

Dhani menambahkan meskipun pihaknya memiliki beragam paket, urusan dekorasi standar bisa disesuaikan dengan keinginan customer dan penambahan biaya tertentu. Menurutnya, belakangan untuk dekorasi bergerser dari gaya rustic ke glamor. Di sisi lain, paket pernikahan di Lorin Solo Hotel ini ditawarkan mulai Rp35 juta.

Sementara di Syariah Hotel Solo, event pernikahan ini bisa digelar sesuai dengan konsep syariat Islam. Public Relation Syariah Hotel Solo, Adil Erdita Ayu Marta, mengataka konsep ini adalah pemisahan tamu undangan laki-laki dan perempuan.  Selain itu, makanan dan minuman yang disajikan memiliki variasi yang dapat dipilih sendiri oleh calon mempelai yang sudah jelas terjamin kehalalannya.

“Setidaknya ada tiga paket pernikahan yang dapat dipilih oleh tamu, yakni Solo Style Package, Ar Rahim Wedding Package, dan An Nuur Wedding Package,” katanya.

Sebelumnya, Hotel Sahid Jaya Solo menawarkan paket wedding dengan harga terjangkau mulai dari Rp25 juta. Adanya paket ini diharapkan masyarakat Kota Solo dan sekitarnya lebih mengenal Hotel Sahid Jaya Solo tak hanya sebagai penyelenggara meeting, arisan, table manner, ulang tahun, tapi juga menyediakan paket menarik untuk menyelenggarakan pesta pernikahan dengan konsep Jawa atau pun internasional.

Public Relation Manager Hotel Sahid Jaya Solo, Septiarona Sylviarineta, mengatakan paket wedding yang ditawarkan sangat terjangkau. Mulai dari harga Rp25 juta untuk Happiness Bronze Package bagi 100 pax. Menurutnya, selain Happiness Bronze Package, ada pula Romantic Silver Package dengan harga Rp36 juta untuk 200 pax. Keuntungnnya, mulai dengan tambahan berupa gratis foto dan video, serta tambahan kamar superior bagi keluarga. Sedangkan untuk Incredible Gold dengan harga Rp45 juta untuk 300 pax.

“Pospek acara pesta pernikahan di hotel menjadi salah satu target untuk meningkatkan revenue hotel,” jelasnya. (Farida Trisnaningtyas)