Kehabisan Tiket Kereta Mudik ke Solo? Traveloka Punya Solusinya

Ilustrasi arus mudik di Stasiun Solobalapan (Solopos/Dok)
05 Maret 2019 06:15 WIB Chelin Indra Sushmita Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO Mudik menjadi momen yang paling ditunggu mayoritas masyarakat Tanah Air. Semua layanan transportasi umum selalu laris saat musim mudik tiba. Namun, tak dapat dimungkiri, kereta api menjadi moda transportasi favorit banyak orang.

Itulah sebabnya jauh-jauh hari tiket kereta api Lebaran 2019 telah dijual. Setiap harinya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjual 247.010 tiket. Calon pemudik harus sigap membeli tiket sejak dini, apalagi jika hendak pulang kampung di puncak arus mudik.

Meski sudah menjajal pesan jauh-jauh hari, kemungkinan kehabisan tiket tetap saja ada. Termasuk Anda yang ingin pulang ke kota sepopuler Solo. Tiket mudik ke Solo sangat laris diserbu pembeli sejak hari pertama dijual.

Khawatir kehabisan tiket? Tenang saja, salah satu mitra resmi PT KAI, Traveloka, telah menyiapkan solusi efektif untuk mengatasi kehabisan tiket kereta api.

Berikut tiga langkah mudah yang dapat dilakukan saat kehabisan tiket kereta dengan memanfaatkan fitur canggih ini:

Pertimbangkan rute alternatif dengan kereta lanjutan

Saat tiket utama yang dibutuhkan tidak tersedia, Anda bisa mencari info tiket kereta ke Solo melalui aplikasi Traveloka. Traveloka secara khusus membuat berbagai kombinasi perjalanan Anda pulang ke Solo melalui rute lain dengan fitur kereta lanjutan.

Misalnya untuk rute Bandung–Solo, Traveloka akan memberikan opsi lain menggunakan rute transit ke Pekalongan, Semarang, Yogyakarta, Kutoarjo, Gombong, Cilacap, atau Tasikmalaya. Dari kota transit tersebut, Anda bisa lanjut ke Solo tanpa membeli tiket terpisah lagi.

Nyalakan notifikasi ketersediaan kursi

Saat kehabisan tiket, biasanya Anda disarankan untuk mengulang pencarian setiap 30–60 menit sekali demi mendapatkan salah satu kursi yang batal terjual. Kursi itu tersedia lagi karena pembeli sebelumnya tidak menyelesaikan pembayaran pada jangka waktu yang ditentukan. Memantau kursi seperti ini pastinya memakan waktu karena Anda harus terus mengulang sampai berhasil.

Tapi, dengan menghidupkan fitur train seat alert di Traveloka, Anda akan menerima notifikasi di ponsel seketika kursi yang Anda inginkan tersedia dan tiketnya sudah bisa dibeli. Anda bahkan bisa mengatur sendiri kapan ingin menerima notifikasi ini.

Nyalakan notifikasi khusus ketersediaan kereta tambahan

Selain mempertimbangkan kereta lanjutan atau menunggu kursi kereta utama tersedia, Anda juga bisa menggunakan kereta tambahan untuk pulang ke Solo. PT KAI tentunya menyediakan sejumlah kereta tambahan untuk perjalanan mudik di rute yang ramai.

Penjualan tiket tambahan biasanya tersedia sejak H-60. Kadang kala, meski sudah mengetahuinya, Anda tetap melewatkan hari penjualan tiket karena lupa. Agar hal ini tidak terjadi, nyalakan fitur notifikasi ini di aplikasi Traveloka. Ketika kereta tambahan Lebaran tersedia, Anda akan langsung ingat karena Traveloka pasti memberi tahu Anda melalui aplikasi dalam ponsel yang dibawa ke mana-mana.

Tiga solusi dari Traveloka itu sangat membantu Anda tetap tenang menghadapi musim mudik. Unduh aplikasi Traveloka sekarang juga dan pasang di ponsel Anda agar info kereta api ke Solo langsung aman berada dalam genggaman.