Atasi Tembok Belang dan Berlumut, Top Seal Jagonya

Cat pelapis anti bocor Top Seal. (Istimewa)
25 Februari 2019 20:40 WIB Ginanjar Saputra Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO — Masalah pengecatan yang sering dialami adalah cat tembok tampak belang. Cat akan tampak pudar sebagian dengan membentuk pola basah pada dinding.

Tentu kesal kan kalau hal ini terjadi pada tembok rumah Anda? Enggak perlu khawatir. Tak hanya tembok rembes dan dak yang bocor, Top Seal juga ampuh mengatasi tembok belang yang membandel.

Product Officer Top Seal PT Indaco Warna Dunia, Cuk Setiabudi, mengatakan tembok belang terjadi karena rembesan pada dinding yang disebabkan naiknya permukaan air tanah atau kapilaritas. "Tembok belang juga terjadi karena acian semen masih basah saat dilakukan pengecatan sehingga garam alkali dalam acian semen terbawa ke permukaaan yang menyebabkan lapisan cat menjadi rusak," katanya.

Ilustrasi tembok retak. (Istimewa)

Pria yang akrab disapa Acuk ini mengungkapkan Top Seal memiliki bahan perekat berkualitas sehingga mampu menahan air agar tidak meresap. Top Seal sebagai cat dasar mampu menahan serangan garam alkali dan membuat ketahanan terhadap jamur dan lumut lebih optimal.

Technical Aplicator PT Indaco Warna Dunia, Gembong Lantip Raharjo, mengatakan pengaplikasian Top Seal pada tembok belang cukup mudah. Pertama, dinding yang belang diamplas. "Jika kondisi dinding yang belang sudah parah maka kerok cat sampai lapisan acian," katanya.

Kedua, jika terdapat keretakan pada dinding, tambal dahulu dan tunggu hingga kering. Ketiga, lapisi permukaan tembok dengan Top Seal yang diencerkan air bersih maksimal 20% sekali lapis dan tunggu hingga kering.

Pelapisan Top Seal. (Istimewa)

Untuk hasil yang sempurna, lapiskan kembali Top Seal setelah kurang lebih dua jam. Selanjutnya, dinding siap dicat dan noda bercak sudah teratasi.

Nah untuk dinding berlumut disebabkan kebocoran tembok yang menyebabkan air masuk ke pori-pori, hal ini tentu meningkatkan kelembapan tembok sebagai media tumbuhnya jamur atau lumut. Dinding berlumut juga bisa disebabkan karena rembesan fondasi yang terlalu pendek.

Untuk pengaplikasiannya, pertama-tama bersihkan jamur atau lumut dengan menggunakan larutan kaporit dan air. Kedua, Bersihkan kembali dengan lap basah dan tunggu hingga kering. Ketiga, lapiskan Top Seal dengan pengenceran maksimal 10% air bersih hingga dua kali lapis secara menyilang.