Bikin Ngiler, Ayam Kodok dan Nasgor Purwosari Jadi Menu Terlaris di Sala View Hotel

Ayam Kodok, menu andalan di Sala View Hotel. (Istimewa)
23 Januari 2019 15:10 WIB Ginanjar Saputra Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO – Memilih hotel untuk menginap tentu ada berbagai macam pertimbangan, salah satunya menu makanan di hotel. Namun demikian, ada satu hotel di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) yang menu makanannya tak perlu diragukan lagi, yaitu Sala View Hotel.

Selain pelayanan yang ramah dan kamar yang nyaman, hotel yang terletak di Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.450, Purwosari, Laweyan, Kota Solo itu memiliki menu makanan yang dicintai para pengunjungnya. Ada dua makanan terlaris di Sala View Hotel, yaitu Ayam Kodok dan Nasi Goreng Purwosari.

Seperti apa sih nikmatnya Ayam Kodok dan Nasi Goreng Purwosari di Sala View Hotel? Berikut simak ulasannya bersama Solopos.com dan Room Division and Market Manager Sala View Hotel, Edo:

1. Ayam Kodok
Meski memakai nama kodok, Ayam Kodok di Sala View Hotel ternyata sama sekali tak menggunakan bahan kodok. Edo, selaku Room Division and Market Manager Sala View Hotel, menjelaskan ayam kodok merupakan ayam utuh yang disajikan layaknya kalkun dalam acara Thanksgiving dalam budaya Amerika Serikat (AS).

Disebut Ayam Kodok karena memang bentuk ayam utuh yang disajikan berbentuk seperti kodok. "Ayam kodok itu sebenarnya ayam utuh ingkung begitu, jadi bentuknya kayak kodok plating-nya," ujar Edo kepada Solopos.com, Rabu (23/1/2019) pagi.

Edo menjelaskan Ayam Kodok merupakan ayam tanpa tulang yang dalamnya juga akan kembali diisi daging ayam sehingga menjadi menu ayam yang berisi, bukan ayam kosong. "Jadi daging ayam kita halsukan, kita jadikan satu dengan bumbu dan kita masukkan ke dalam Ayam Kodok yang mau kita plating, terus kita masak kalau kita bikin ayam kalkun yang buat Thanksgiving," lanjutnya.

Cita rasa gurih akan memanjakan lidah para penikmat Ayam Kodok. Satu posri Ayam Kodok, kata Edo, akan membuat empat hingga lima orang merasa kenyang meski makan tanpa nasi.

Saking enaknya, Ayam Kodok menjadi makanan terlaris di Sala View Hotel sepanjang 2018. Edo menjelaskan ada 4.000 porsi Ayam Kodok yang dipesan di Sala View Hoel sepanjang 2018.

Ayam Kodok Sala View Hotel bahkan sering dijadikan oleh-oleh para tamu. "Kebanyakan malah kalau tamu check out malah pesan itu untuk take away, jadi malah kayak oleh-oleh," jelas Edo.

Untuk urusan harga, Ayam Kodok yang kini sudah menjadi signature dish atau menu andalan di Sala View Hotel itu cukup terjangkau dan ramah di kantong. Cukup dengan Rp180.000, lidah Anda akan dimanjakan dengan cita rasa nikmat Ayam Kodok Sala View Hotel.

Nasi Goreng Purwosari. (Istimewa)
2. Nasi Goreng Purwosari
Makanan terlaris kedua di Sala View Hotel adalah nasi Goreng Purwosari. Edo menjelaskan menu basic tersebut telah dipesan tak kurang dari 2.000 porsi sepanjang 2018 lalu.

Nasi Goreng Purwosari kebanyakan dipesan oleh tamu yang menginap di Sala View Hotel dan kebanyakan dipesan melalui room service. "Kalau Nasi Goreng Purwosari banyak dikonsumsi tamu yang menginap di kamar, jadi untuk room service. Sebenarnya Nasi Goreng Purwosari itu menu restoran [di Sala View Hotel]," terang Room Division and Market Manager Sala View Hotel tersebut.

Memang kebanyakan hotel menjadikan nasi goreng menjadi menu basic. Meski begitu, Nasi Goreng Purwosari di Sala View Hotel dipastikan lebih lengkap dalam penyajiannya. "Nasi goreng ini sebenarnya basic-nya nasi goreng, ada telur ceplok, ada sate daging, ada ayam gorengnya, dan ada garnisnya, paket komplet. Tapi penyajiannya lebih lengkap dibandingkan di hotel lain," lanjut Edo.

Nama Nasi Goreng Purwosari diambil karena Sala View Hotel memang terletak di Purwosari dan manajemen hotel tak lupa ingin mengakat nama daerah menjadi lebih terkenal. "Nama Purwosari diambil karena lokasinya [Sala View Hotel] kan di Purwosari, sebenarnya kita mau mengangkat nama daerah," jelas Edo.

Untuk menikmati Nasi Goreng Purwosari, tamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Satu porsi Nasi Goreng Purwosari di Sala View Hotel dapat dinikmati dengan Rp53.000 saja.