21 Tahun BPR Artha Sari Sentosa Tumbuh Bersama Masyarakat

BPR Artha Sari Sentosa (Istimewa)
30 Oktober 2018 09:45 WIB Shoqib Angriawan Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SUKOHARJO – PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Artha Sari Sentosa genap berusia 21 tahun. BPR yang beralamat di Jl. Patimura No. 24 Tawangsari, Sukoharjo ini terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk terus tumbuh bersama masyarakat.

Pemegang Saham Pengendali BPR Artha Sari Sentosa, Sri Joko, mengatakan 21 tahun merupakan usia yang matang bagi perusahaan untuk terus berkembang. Apalagi BPR Artha Sari Sentosa berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikasi ini membuat BPR setempat lebih fokus pada budaya kerja yang unggul dan bermutu yang berstandar internasional dalam melayani nasabah.

Joko memaparkan BPR Artha Sari Sentosa menyiapkan sumber manusia (SDM) yang berkualitas untuk menjalankan pelayanan prima. Kualitas SDM yang baik akan meningkatkan mutu pelayanan.

Lebih lanjut, pria yang menjadi pendiri BPR Artha Sari Sentosa itu ingin menjadi bank pilihan masyarakat. “Kita ingin menjadi BPR pilihan masyarakat, bukan lagi alternatif pilihan, baik yang membutuhkan pembiayaan atau kredit maupun tabungan,” urainya.

Komisaris Utama PT BPR Artha Sari Sentosa, Sih Yuanti, mengatakan capaian sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut menjadi momentum kebangkitan bagi industri BPR. BPR Artha Sari Sentosa menjadi satu-satunya BPR di Soloraya yang telah tersertifikasi ISO 9001:2015.

Dia mengungkapkan proses implementasi sertifikasi berjalan satu tahun dengan didampingi Trust Manajemen. Setelah melalui proses audit eksternal oleh badan sertifikasi PT. TUV Rheinland selama 24-25 September, BPR setempat akhirnya tersertifikasi ISO 9001:2015.

“Manfaat implementasi sertifikasi ISO 9001: 2015 bagi perusahaan memberikan penilaian positif terhadap reputasi perusahaan. Sistem implementasi sertifikasi ini menekankan pula proses bisnis yang fokus pada pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan,” urainya.

Dia menyebutkan pelanggan salah satunya adalah pedagang. Bagi BPR, pedagang merupakan ruh yang tidak pernah lepas dari perusahaan. Tak heran jika BPR Artha Sari Sentosa memiliki bermacam produk untuk membantu tumbuhnya usaha mikro kecil dan menengah.

Direktur Utama BPR Artha Sari Sentosa, Erni Indrayani, mengatakan produk tersebut adalah Kredit Artha Mitra Usaha (KAMU). Pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman senilai Rp2 juta tanpa jaminan apapun. “Selain mempermudah pelaku usaha untuk mendapatkan modal, produk ini juga merupakan langkah kami agar masyarakat terhindar dari rentenir,” paparnya.

Selain itu, BPR Artha Sari Sentosa juga memiliki produk Kredit Artha Tani (Kita). Produk ini untuk membantu petani dan peternak sapi untuk mengembangkan usaha mereka. Syaratnya mereka tergabung dalam kelompok tani. Mereka bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp6 juta/hektar dengan proses yang cepat dan bunga ringan.

Sementara, Manager Trust Management, Aulia, memberikan selamat kepada BPR Artha Sari Sentosa atas keberhasilan mereka untuk mencapai ISO 9001:2001. Keberhasilan ini membuat BPR Artha Sari Sentosa mempertajam quality management system mereka untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.