Genap 9 Tahun Tokopedia Dukung UMKM

Infografis Tokopedia Independence Day (Tokopedia)
24 Agustus 2018 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO – Tak terasa, situs jual beli online Tokopedia genap berusia sembilan tahun. Pada ulang tahun kesembilan ini, Tokopedia merefleksikan arti kemerdekaan dengan menciptakan beragam peluang untuk perintis usaha di Indonesia.

Tak dapat dimungkiri, keberadaan Tokopedia sebagai platform market place di Indonesia menciptakan peluang untuk para perintis usaha. Orang yang ingin merintis usaha tidak perlu memiliki banyak modal. Mereka bisa memulai usaha di Tokopedia dengan mudah tanpa butuh toko fisik. Bahkan, sebanyak 89 persen penjual di Tokopedia tidak memiliki toko fisik.

"Tokopedia melihat lebih dekat bagaimana perusahaan telah membantu masyarakat Indonesia," terang Head of Corporate Communications Tokopedia, Priscilla Anais, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Jumat (24/8/2018).

Tokopedia memudahkan para penjual mendapatkan modal lewat pinjaman khusus usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebanyak 51 persen penjual di Tokopedia mendapatkan peningkatan penjualan lewat program ini.

Selain itu, Tokopedia juga memudahkan kehidupan masyarakat dengan meluncurkan berbagai produk digital. Melalui Tokopedia, Anda bisa membayar tagihan pajak bumi dan bangunan (PBB), badan penyelengara jaminan sosial kesehatan (BPJS), zakat, memesan tiket kereta api hingga pesawat. Total ada 27 produk digital dari Tokopedia yang membantu jutaan pelanggan.

"Saat ini, Tokopedia telah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia. pencapaian ini sangat signifikan menuju misi Tokopedia membantu pemerataan ekonomi secara digital," sambung Pcilla Anais.

Belanja produk di Tokopedia juga menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Ada lebih dari 100 juta produk yang siap dibeli dengan harga terbaik. Waktu yang dibutuhkan untuk mengirim barang dan layanan instant courier di situs jual beli online ini cukup singkat, yakni kurang dari satu jam. Jarak pengiriman barang dari Tokopedia ke seluruh wilayah di Indonesia membutuhkan tenaga 40.000 kurir setiap harinya.

Tokopedia