4 Langkah Tepat Pilih Asuransi Berkualitas

Asuransi (Pictagram)
04 Agustus 2018 07:00 WIB Chelin Indra Sushmita Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO – Asuransi merupakan salah satu produk penting bagi banyak orang yang telah berkeluarga. Asuransi dianggap sangat penting karena menjamin kehidupan seseorang. Meski demikian, masih ada banyak orang yang ragu untuk memilih asuransi.

Selain sebagai gaya hidup, asuransi diklaim menjadi penjamin masa depan seseorang. Itulah sebabnya Anda disarankan mengasuransikan harta benda, jiwa, dan kesehatan agar hidup menjadi lebih tentram. Bagi yang masih ragu memilih asuransi yang cocok, agaknya ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Time, Jumat (3/8/2018), di bawah ini layak Anda simak.

Pilih sesuai kebutuhan

Pikirkan jenis asuransi apa yang dibutuhkan untuk kepentingan jangka panjang. Kenali produk asuransi yang ingin dibeli. Sebab, Anda bakal ditawari berbagai jenis asuransi oleh penyedia. Jadi, sebagai konsumen Anda harus cermat dalam memilih jenis asuransi agar tidak mudah ditipu.

Cermati besaran iuran

Sebelum memilih asuransi, ada baiknya Anda cermati terlebih dahulu berapa anggaran yang harus dikeluarkan. Pastikan iuran asuransi ini tidak menguras gaji. Dengan perencanaan yang matang, Anda bisa membagi pendapatan untuk biaya asuransi.

Cermati track record perusahaan

Asuransi adalah perjanjian yang disepakati dalam jangka panjang. Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan track record penyedia jasa asuransi agar tidak timbul masalah di masa depan. Perusahaan yang dipilih harus memiliki riwayat baik dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seperti Allianz Insurance. Dapatkan perlindungan terbaik untuk jiwa dan kesehatan dengan daftar asuransi Allianz sekarang.

Perhatikan kriteria khusus

Ada kriteria khusus perusahaan asuransi, yakni rasio risk based capital (RBC) dan rasio likuiditas. Kenali beberapa kriteria berupa besaran dana jaminan, cadangan teknis plus utang klaim, dan rasio beban klaim. Jika kriteria itu terpenuhi dengan baik, maka perusahaan asuransi itu layak dipilih.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dicermati sebelum memilih asuransi. Sekarang, Anda bisa mengajukan permohonan asuransi online dengan mudah dan praktis. Salah satunya penyedia layanan permohonan asuransi adalah situs marketplace terpercaya, Tokopedia. Mau cari pinjaman dana cepat, #MulaiAjaDulu di Tokopedia.