Harmoni Indaco: Pengin Rumah Adem? Cat Ini Peredam Panas Matahari

Atap yang dicat menggunakan Indaco Hot Seal (Istimewa/Indaco)
05 Juli 2018 04:30 WIB Adv Pojok Bisnis Share :

 

Solopos.com, SOLO -- Anda merasa gerah di ruangan? Hendak menyalakan pendingin ruangan tetapi khawatir boros listrik? Kini Anda tak perlu bingung karena ada pelapis pada atap untuk meredam panas sinar matahari inovasi dari PT Indaco Warna Dunia.

Prosuden cat ramah lingkungan ini menyiapkan pelapis atap untuk dengan lapisan eksotermal yang mampu menolak radiasi panas sinar matahari, yakni Hot Seal. Fungsi peredam panas Hot Seal ini cocok untuk berbagai jenis atap dari seng, galvalum, asbes, rooftop dan dak beton karena biasanya atap merupakan pengantar panas paling cepat karena langsung terpapar radiasi sinar matahari.

Untuk itu perlu diberi lapisan untuk menolak radiasi panas matahari. Selain itu Hot Seal dapat diaplikasikan di media lain seperti permukaan kayu, besi, dan beton. Tampilan akhir Hot Seal tidak seperti cat genting yang mengkilap tetapi bersifat mate atau Doff. Cara kerjanya sederhana. Hot Seal memiliki lapisan film eksotermal yang bersifat memantulkan radiasi sinar matahari. Cat lain biasanya tidak ada lapisan film eksotermal.

Pengaplikasian Hot Seal akan membuat suhu panas permukaan bidang/atap yang dilapisi berkurang 7-10 derajat Celcius. Ini membuat suhu di ruangan lebih dingin atau berkurang 4-5 derajat Celcius karena sinar matahari pada atap terpantulkan. Artinya, Anda bisa menghemat pemakaian pendingin ruangan.

Selain peredam sinar matahari, ketebalan film Hot Seal bisa meredam suara bising air hujan beradu dengan atap seng. Hot Seal mampu meredam suara hingga 30%. Hal itu sudah diuji dan dibuktikan di laboratorium milik PT Indaco Warna Dunia.

Keunggulan Lain

Keunggulan lain Hot Seal bisa diaplikasikan pada permukaan tembok luar, seperti cat dekoratif biasa dengan tambahan keunggulan sekaligus sebagai penolak panas. Hot Seal tersedia dalam 20 varian warna cerah hingga gelap dan bisa dioplos menggunakan colour innovation tinting system. Hot Seal tersedia dalam kemasan 1 liter, 4 liter, dan 20 liter.

Pengaplikasian Hot Seal menggunakan kuas, roll, dan spray. Pencampuran cat pelapis antipanas tidak seperti cat lain. Hot Seal dicampur 10% air apabila Anda akan menggunakan spray. Apabila Anda menggunakan kuas dan rol maka tidak perlu dicampur air.

Idealnya Hot Seal diaplikasikan sebanyak 3-4 lapis pada atap. Pertimbangannya adalah perubahan cuaca. Semakin tebal film akan semakin memengaruhi penurunan suhu permukaan dan di dalam ruangan. Selain itu lebih awet terhadap perubahan cuaca. Daya sebar per liter cat mencapai 3-5 meter persegi untuk ketebalan tiga kali lapis.

Hot Seal memiliki keunggulan lain, yakni antipengembunan apabila diaplikasikan pada lapisan seng galvalum, atap, tembok luar, dan dak. Hot Seal masih memiliki keunggulan lain apabila dicampur dengan Top Seal, yakni antibocor. Cara pengaplikasiannya dimulai dari dua kali lapis Top Seal pada area bocor atau retak rambut di bawah 2 mm. Tetapi, retak lebih dari 2 mm harus menggunakan serat fiber. Sentuhan terakhir adalah dua kali lapis Hot Seal. Daya tahan Hot Seal lima tahun.