Ayam Kodok, Kuliner Solo Biar Lebih Makmur dan Enteng Rezeki

Ayam Kodok (Sala View Hotel/Dok)
05 April 2018 05:50 WIB Muhammad Rizal Fikri Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO – Selain dikenal sebagai kota batik, Solo juga dikenal dengan kota yang kaya dengan produk kuliner khas. Sebut saja Timlo Solo, Selat Solo, dan Nasi Liwet. Menu-menu khas itu sudah lama melekat dengan Kota Solo. Meski banyak menu konvensional, Kota Solo juga tak kehabisan inovasi, salah satu inovasi kuliner yang menarik untuk dicoba adalah Ayam Kodok.

Kuliner Solo Ayam Kodok bisa dijumpai di Vanda Cafe Sala View Hotel  di Jalan Slamet Riyadi No.450, Purwosari, Laweyan, Solo. Ayam Kodok merupakan signature dish terbaru Sala View Hotel, Meski dinamai dengan dua nama hewan, bukan berarti menu tersebut diolah dari ayam dan kodok.

“Ayam Kodok itu inspirasinya dari masakan chinese. Dulu awal dibuat saat tahun baru Imlek Februari 2018,” jelas Kepala Chef Sala View Hotel, Karjoko saat ditemui Solopos.com di Vanda Cafe, Kamis (22/3/2018).

Cara memasak Ayam Kodok terbilang unik. Koki Kepala yang kerap dipanggil Joko itu menjelaskan, awalnya ayam utuh dipisahkan antara daging dan kulitnya dengan tetap menjaga kulit ayam tetap utuh. Tulang semua dibuang. Daging ayam kemudian digiling dan diberi bumbu khusus.

Daging ayam yang sudah halus dan bermbumbu kemudian dimasukan kembali ke kulit ayam. Setelah semua daging sudah dimasukkan, ayam akan kembali tampak seperti ayam utuh lengkap dengan dagingnya. Agar matang, ayam di steam, kemudian ayam dipanggang menggunakan oven.

“Proses memasak kurang lebih satu jam, Ayam Kodok bentuknya dibuat mirip kodok besar, hal itu memiliki filosofi subur dan makmur,” jelas Joko.



Food and Beverage Manager Sala View Hotel, Hartanto, mengungkap Ayam Kodok awalnya menu inovasi untuk menyambut Imlek. Namun, dalam keberjalanannya peminat menu itu banyak, sehingga tetap dipertahankan setelah Imlek.

Bagi Anda yang ingin mencoba nikmatnya Ayam Kodok, menu itu dihargai Rp150.000 untuk satu ekor ayam yang bisa disantap untuk empat orang. Bagi yang menghendaki porsi perorangan juga disediakan dengan harga Rp40.000/porsi.

Sala View Hotel merupakan salah satu hotel bintang empat yang beroperasi sejak 2015. Hotel dengan 111 kamar itu berlokasi di salah satu jalan utama di Kota Solo. Untuk mengetahui inovasi dan layanan terbaru Sala View Hotel silahkan follow instagram Sala View Hotel di @salaviewhotel.

Tokopedia