HARMONI INDACO: Ngecat Kayu Tanpa Hilangkan Serat Kayu

Pengaplikasian Belazo Woodstain mudah dan murah karena tidak perlu dicampur zat pengencer lain. (Istimewa/Indaco)
04 April 2018 22:05 WIB Rini Yustiningsih Pojok Bisnis Share :

Solopos.com, SOLO -- Salah satu cara mempercantik dan meningkatkan nilai furnitur berbahan dasar kayu adalah dengan pelitur. Pelitur adalah bahan finishing yang akan membentuk lapisan film yang kuat dan transparan sehingga mebel kayu masih menampakkan serat kayu. Corak alami guratan serat kayu dari setiap jenis kayu itu sayang apabila ditutupi pewarna.

Pelitur selain memberikan kesan elegan pada perabot kayu juga berfungsi melindungi kayu agar lebih tahan terhadap jamur, lumut, dan rayap. PT Indaco Warna Dunia menyuguhkan Belazo Woodstain-Green Wood Coating. Produk pelapis kayu 100% akrilik berbahan dasar air.

Belazo Woodstain mengandung pigmen oksida transparan yang melapisi permukaan kayu dengan lapisan bening khusus sehingga keindahan serat kayu terjaga dan alami. Berbeda dengan cat solvent based yang menghilangkan serat kayu.

PT Indaco Warna Dunia berkomitmen tidak menggunakan timbal dan merkuri, rendah VOC, bau, dan toksisitas. Belazo Woodstain sudah mengantongi Green Label Singapore. Keunggulan Belazo Woodstain adalah pengaplikasian mudah dan murah karena tidak perlu dicampur zat pengencer lain.

Belazo Woodstain memiliki formula lapisan tabir surya sehingga bisa digunakan untuk mebel di luar ruang dengan daya tahan tiga tahun. Belazo Woodstain cepat kering, film tidak berkabut, dan menangkal air.

Cara pengaplikasian mudah, Anda harus menghaluskan serat kayu menggunakan amplas. Apabila permukaan kayu berlubang, retak, dan lain-lain, Anda dapat menggunakan Belazo Wood Filler. Belazo Wood Filler menawarkan produk filler kamper, jati, dan sungkai. Lalu aplikasikan Belazo Woodstain.

Belazo Woodstain hadir dalam 18 warna dengan tampilan akhir mengkilap. Warna paling banyak diminati Walnut, Ripe Corn, dan Mahony. Belazo Woodstain juga menawarkan cat Transparant Gloss untuk menonjolkan kemewahan kayu sedangkan Transparant Doft untuk menonjolkan hasil akhir natural. Daya sebar 16 meter persegi per liter sehingga irit di kelasnya. Anda dapat mengaplikasikan tiga kali pelapisan untuk mendapatkan efek warna lebih tua. Belazo, Live Your Style.

Tahapan Aplikasi Belazo Woodstain

  • Permukaan kayu diamplas dengan amplas (no.150/180) sampai licin searah serat kayu. Untuk hasil yang lebih rata, gunakan Belazo Wood Filler hanya untuk interior. Bersihkan debu bekas amplas.
  • Encerkan Belazo Woodstain dengan 50% air bersih. Kuaskan merata serat kayu.
  • Setelah seluruh permukaan dicat, biarkan kering selama 1 jam.
  • Setelah lapis pertama, serat kayu akan timbul sehingga terasa kasar. Amplas ambang dengan amplas (no 400) sehingga permukaan licin kembali.
  • Beri lapis kedua seperti lapis pertama dengan pengenceran 30% air bersih. Biarkan kering 1 jam.
  • Untuk hasil kilap (gloss) atau buram (doff) dapat dilapiskan Belazo Woodstain Transparant Gloss atau Belazo Woodstain Transparant Doff.
  • Seandainya diinginkan warna lebih tua, beri lapis ketiga dan seterusnya dengan selang waktu satu jam.
Tokopedia